Ada kesalahan di dalam gadget ini

Minggu, 30 Mei 2010

Latar Belakang


I. LATAR BELAKANG
1. Aturan Perundangan di Indonesia
Pancasila sebagai dasar Negara, sila pertama adalah “ Ketuhanan Yang Maha Esa “. Agar Ketuhanan Yang Maha Esa ini tetap kokoh keberadaannya di Indonesia, mutlak diperlukan adanya pendidikan Ketuhanan Yang Maha Esa, yaitu Pendidikan formal yang berciri khas Agama Islam, selanjutnya didukung oleh UU RI No.20 Tahun 2003 tentang system Pendidikan Nasional Bab XVII pendirian satuan Pendidikan Pasal 62 ayat 1 sampai dengan 4.


2. Sosial Ekonomi Politik dan Budaya.
Kecamatan Tandun Kabupaten Rokan Hulu merupakan daerah berkembang terutama disektor perkebunan dan perdagangan. Hal tersebut terbukti dengan tersebarnya perusahaan perkebunan baik yang dikelola pemerintah maupun swasta terutama komoditi kelapa sawit.
Untuk mengimbangi laju pembangunan tersebut diperlukan sekali SDM yang memadai, SMP Salafiyah Babussalam.adalah lembaga Pendidikan formal berbasiskan Pesantren dan berada dibawah naungan Departemen Pendidikan Nasional ikut serta berpartisispasi dalam meningkatkan SDM.
Saat ini masyarakat Desa Dayo sedang dihadapkan dengan berbagai problema baik social, budaya, ekonomi, ideologi bahkan politik serta Hankam yang dapat merubah pola piker dan gaya hidup masyarakatnya. Hal itu dikhawatirkan akan membawa damp k negative terhadap perkembangan kejiwaan generasi muda yang cenderung meniru tanpa filter akidah yang kuat. Oleh karena itu umat Islam ditantang untuk semakin memperkokoh jati dirinya.Salah satu upaya untuk membendung arus globalisasi yang tidak terkendali yakni melalui tarbiyah Islamiyah misalnya dengan melalui SMP Salafiyah Babussalam, maka Insya Allah akan dicapai keseimbangan jasad, aqliyah dan ruhaniyah yang merupakan komponen dasar manusia. Sekaligus dengan pola pendidikan umum berbasis Pesantren dapat menjadikan setiap generasi muda muslim kebal terhadap segala atribut jahiliyah.



II. BAHAN PERTIMBANGAN
Pada Tahun 2001 masyarakat Dayo telah menyelenggarakan satu unit pendidikan non formal yaitu Pondok Pesantren Babussalam, selanjutnya seiring dengan berjalannya waktu, pada tahun 2005 perintis pendirian SMP di lingkup Pondok Pesantren yang disambut positif oleh masyarakat dari Desa Dayo maupun desa-desa lainnya. Kedua Unit lembaga tersebut dibawah pengelolaan Yayasan Babussalam

1 komentar: